Friendship to 6th years

     Bocah ingusan umur 10 tahun tahu apa sih tentang persahabatan sejati apalagi percintaan. saat itu gue masih duduk di bangku Sekolah Dasar, kelas 4. semenjak itu gue mulai punya banyak temen deket (masih belum bisa dibilang sahabat), yang tadinya cuman 3 sampai 4 orang dan pada saat itu gue punya 11 orang temen deket, semuanya cewek, //sudah bisa jadi girl band deh kayaknya//. dan lambat laun 11 orang ini sudah semakin dekat satu sama lain tak terkecuali aku juga dan berubahlah menjadi sebuah persahabatan. 

    Dalam lingkup keluarga aja banyak terjadi perselisihan, apalagi sebuah persahabatan para bocah ingusan hehe. banyak sekali masalah yang bertimbulan, namanya juga bocah ingusan yang sok tau mana bisa berfikir dewasa dan bisa mnyelesaikan masalah dengan baik. naik ke kelas 5 ada salah satu sahabat gue yang harus pindah ke jakarta, detik-detik kepergian sahabat gue sebut saja Reta ini, satu kelas berderu air mata *eak, karena bro jakarta itu nggak deket alias jauhh, dan gue harus kehilangan dia, #seseknakdodo(sempitdidada).

   Naik lagi ke kelas 6, Dua orang sahabat memutuskan untuk keluar dari persahabatan sebut saja namanya JC, disebut geng sepertinya sedikit vulgar. Ada suatu masalah yang yaah belum bisa terselesaikan, sekali lagi karena kita masih bocah, sampai akhirnya mereka berdua memutuskan untuk tidak lagi bergabung dalam persahabatan ini. mungkin Tuhan menakdirkan mereka berdua tidak bersama kita. Sisa orang tinggal 9 termasuk gue. 9 orang ini bertekat bahwa akan setia selamanya sampai nenek-nenek. meskipun ada beberapa yang terpisahkan oleh jarak, seperti lagunya RAN-dekat dihati *nyanyi* jauh di mata namun dekat di hatkhhhs*kesedaknyamuk*

     Sewaktu-waktu kita sering main bareng seperti, 
1.  Jalan-jalan di Mall, yah sekedar jalan-jalan bukan untuk shoping, ngobrol di KFC, palingan cuman mesen minum karena kita cuman numpang duduk sambil ngobrol sampai berjam-jam.
2. Main bareng dirumah salah satu sahabat gue, gue rasa ini lebih seru dibandingkan jalan-jalan di mall. dirumah sahabat gue, kita biasanya makan bareng *ett tapi ini makannya hasil buatan sendiri dan dapur orang jadi korban, kita pernah masak nasi goreng yang enak banget, //iyalah enak siapa dulu yang masak guee biasa calon kokikhgsfh*kesedak*// dan pernah juga bikin roti cor, roti ini asalnya dari arab, yah gaya2an dari arab padahal isinya juga cuman tepung, gula, susu dikasik aer udah terus dicorin di teflon terus topingnya meses udah jadi, sederhana kan. 
    waktu SD kelas 6 gue sama sahabat-sahabat gue pernah bisa dibilang gila-gilaan begitulah, buat video nggak jelas, belajar-belajar dance ala b-boy, terus nyanyi-nyanyi bak artis dan banyak hal gila lainnya.
3. Bersepeda ontel. saat itu gue dan sahabat gue sedang merindukan sosok salah satu sahabat gue sebut saja Dita yang rumahnya di Tanggulangin, nekatlah kita pergi dari sidoarjo-tanggulangin dengan bersepeda ontel. teriknya matahari tak mematahkan semangat kita untuk terus mengayuh pedal sepeda dan sampailah kita dirumah Dita, terus disambut oleh Tahu pong yang cepat habis diserbu sahabat2 gue. 
   Bersepeda versi ke dua, Reta, yang pindah ke jakarta, lagi ada di sidoarjo saat itu dan kita berencana untuk bersepeda sekaligus berenang bersama. dengan sepeda sampailah kita disebuah tempat pemandian, di daerah sekitar Candi. meskipun hanya satu hari, setidaknya kerinduan kita terbalaskan.

     Karena kita berada di sekolah yang berbeda-beda saat SMP, kita jarang main bareng, main pun tidak semuanya bisa hadir, pasti ada salah satu yang gak dateng karena ada suatu hal. meskipun begitu gue rasa persahabatan ini akan selalu terasa dekat dihati *ehm*. supaya komunikasi kita masih berjalan dengan lancar, kita berkomunikasi melalui grup BBM yang bernamakan JC. sempat kita berencana buat ngumpul bareng tapi akhirnya nggak jadi akibat kesibukan masing-masing.

    Ada sebuah artikel yang mengatakan bahwa jika persahabatan sudah mencapai 6 tahun lebih maka akan bertahan selamanya. yap gue nggak tau pastinya kapan tapi menurut gue persahabatan 9 orang ini sepertinya sudah kurang lebih Enam tahun. sekarang kita udah nggak bocah ingusan yang sok tau lagi, kita udah mulai mengerti makna sebenarnya tentang persahabatan. persahabatan itu saling menghargai, mengerti satu sama lain, tau dan ngomong kalau ada sesuatu yang salah dari sahabatnya, saling mengingatkan, saling terbuka, rela berkorban, pokoknya melebih-lebihi pacarlah. gue sih tipekal orang yang suka banget punyak sahabat banyak. gue bisa pelajari karakter masing-masing anak dan gimana cara menghadapinya. gue malah nggak suka kalau hanya cuman punya satu atau dua orang sahabat apalagi nggak punya satu pun sahabat sumpah ngenes banget hiduplo yang kayak gitu, karena gue rasa sendiri itu emang tenang, damai dan tentram TAPI hiduplo akan lebih berwarna jika ada sahabat dari pada cuman sendirian. memang setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda nah jika ada salah satu sahabat yang seperti itu, anggap aja sebuah pelajaran untuk saling mengerti dan cari cara supaya bisa menghadapi tanpa dia merasa tersakiti. 

   Dua tahun di AWESOME (8A+9A), awal masuk kelas 8, gue nggak begitu akrab satu sama lain, mungkin hanya beberapa anak perempuan, sampai pertengahan semester pun gue belum bisa mengenal lebih dekat dengan banyak anak karena kesibukan OSIS. akhir semester kelas 8 kita sudah mulai akrab dan mulai main bareng, meskipun tidak semuanya ikut setidaknya ada beberapa lumanyan banyak. dan kita sudah saling dekat saat kelas 9. karena kedekatan ini timbul beribu macam masalah dikelas 9, sampai kita sempat juga mengadakan nusyawarah untuk menyelesaikan masalah. kira-kira hampir semua permasalahan pasti ada yang mau peduli untuk menyelesaikannya, karena semakin dekat kita satu sama lain semakin diuji juga dengan berbagai karakter dari anak tersebut. gue meras bahwa kelas gue ini spesial, karena saling peduli meskipun nggak jarang ada masalah meskipun kecil tapi masih mau menyelesaikan. gue rasa lagi cuman kelas gue yang kayak gini. 2 tahun ini semoga akan bertahan sampai 6 tahun, 12 tahun atau selamanya kita masih bisa berhubungan dengan baik. 


1 orang sahabat sejati memang lebih baik dari pada 100 sahabat penghianat. TAPI BAGI GUE NGGAK ADA SAHABAT PENGHIANAT, YANG ADA SAHABAT YANG MELAKUKAN SATU PERMASALAHAN DAN BELUM TERSELESAIKAN, KALAU PENGHIANAT NAMANYA YA PENGHIANAT BUKAN SAHABAT.

Postingan ini gue persembahkan buat para sahabat gue yang masih dan selalu menyayangi gue meskipun gue masih sedikit gilkhhhsg*kesedakote-ote* :)

Komentar

  1. beruntung banget dapet sahabat banyak. Jaman sekarang dapet sahabat 1 aja udah langka hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer