Halaman Remaja

        Di Indonesia ini banyak sekali terdapat Organisasi Remaja, seperti Organisasi 'Karang Taruna'. Karang Taruna biasanya terdapat di setiap Desa, namun tidak semua Desa dengan Karang Taruna yang cukup aktif. walapun Organisasi Karang Taruna ini tidak begitu besar seperti Organisasi Remaja yang lain. yaah... di mulai saja dari yang kecil, pasti disana banyak yang bisa kita dapat. 
Banyak yang beranggapan, 'apa untungnya sih ikut organisasi kayak gitu?yang ada cumak capek', 'ah... males, mager enak dirumah, tidur', 'anak-anaknya gak seru mending ikut komunitas yang keren', 'karang taruna? jadul ah, sekarang tuh jamannya komunitas *tiiiiiiiit*', sekiranya begitulah. padahal kita tengok dari sisi positifnya itu banyak sekali, contohnya :
1. Melatih Berorganisasi
   Organisasi itu bagaimana? seperti apa?. semua pertanyaan tentang berorganisasi itu akan terjawab ketika kita mengikutinya dengan baik. nggak akan rugilah kalok ikut Organisasi.
2. Ajang Silaturahmi
    Silaturahmi kan juga bisa dapat pahala, selain itu menambah banyak teman dan mempererat tali persaudaraan antar Remaja Desa.
3. Menambah Wawasan
    Otomatis dengan berjalannya Organisasi itu dengan baik, wawasan kita akan bertambah, entah itu dari segi kepemimpinan, kepedulian, kesosialan, olahraga, kesenian, wirausaha, dll. 
4. Menambah Pengalaman
    Setiap orang pasti punya Pengalaman kan. dari pada harus diem aja dirumah dan  mengikuti komunitas yang sama sekali nggak nguntungin buat orang banyak atau cuma buat kesenangan diri sendiri, buat apasih? cobak pikir ulang. hidup di dunia kenapa banyak seneng-senengnya?

sekiranya sudah cukup // 4 doang dibilang banyak?// iyakan lebih dari satu//, itu hanya poin-poin saja, bisa dijabarkanlah sendiri ya kan. nah mulai nih cerita gue,

    Semenjak menempati kandidat *ceilah* sebagai pelajar paling junior di SMP, gue mulai di undang untuk mengikuti rapat Karang Taruna di Desa gue. namanya juga Anak Baru Gede, kan masih belum tau gimana Organisasi Karang Taruna itu. datang ke rapat mendengarkan para senior bicara mengenai perencanaan kegiatan, masi awal kan masi polos-polosnya. jadi disitu gue die aja, terus kalok disuruh berpendapat yaudah ngikutin aja. saat itu gue masih belum seberapa aktif. dan beranjak ke kelas 2 SMP, biasanya setiap hari sabtu, sebulan sekali itu Karang Taruna nggadain kumpul bareng entah itu hanya nongkrong atau merencanakan suatu kegiatan dan gue jarang banget hadir. karena kebetulan gue juga ikut Organisasi di Sekolah, yaitu OSIS. 
   Akhir- akhir kelas 2 gue mulai aktif lagi dan mulai mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadain di Desa, seperti Lomba 17 Agustus atau Jalan Sehat. Setelah acara 17 Agustus Karang Taruna di Desa gue merencanakan Liburan akhir tahun, dari situ kita mulai nabung dan berangkatlah kita liburan ke malang. seperti yang udah sedikit gue ceritain disini . saat itu gue udah naik ke kelas 9 dan mulai nggak jadi anggota yang pasif, karena udah bisa nyesuain diri.
   Ilmu yang gue dapet dari OSIS, gue terapkan di Karang Taruna. nggak jauh beda sih sebenernya. setiap minggu biasanya di desa gue itu ada semacam senam gitu, tapi yang dateng dominan ke Ibu-ibu. dan biasanya setiap sebulan sekali anak Karang Taruna mengadakan Mini Bazar. Mini Bazar yang pertama, kita jualan ; siomay, pangsit, keripik dll. Namanya juga usaha baru, pasti nggak langsung lancar. Siomaynya sold out *biar keren*, pangsitnya juga sold out, keripiknya yang nggak laku sama sekali. kita berjualan di depan Balai RT, setiap ada kendaraan lewat gue udah bilang "Mbaaaak, mari dibeli keripiknyaa!!" // udah cocok nggak ya jadi SPG hehehehe// sama mbak-mbaknya cuma senyum-senyum aja. 

    Di Bazar yang ke dua, tepatnya tadi pagi, kita mencoba yang berbeda dari yang pertama. menunya ; Pentol dan skalop bakar, jasuke, tahu pong, es teh dan es milo. kebetulan hari sabtunya gue dan rekan gue belanja bahan-bahan yang dibutuhkan. terus mulai deh bagi tugas, gue kebagian buat caos BBQ buat Pentol dan Skalop bakar. pagi-pagi sekitar jam 5 gue mulai ngeracik caosnya. pertama yang gue lakuin adalah mencincang-cincung bawang putih, tahap kedua adalah penumisan setelah sedikit harum gue masukkan caos anti pedas. tangan gue berasa kena kembang api, bukan ini cipratan yang ada di pan, terus nyokap bilang kalok gue harus kasik air dulu baru caosnya biar nggak meletup-letup. oke gue kasik air dan dengan keahlian yang ala kadarnya gue berhasil bikin caos BBQ // BBQ?// gue gak yakin ni caos namanya apa tapi setelah gue sodorkan ke nyokap untuk mencicipinya, nyokap bilang "enak!enak!". ada perasaan sedikit gembira hahahaha gue mulai bikin caos Hot BBQ, dengan pelajaran seperti yang pertama tadi gue praktekan dan akhirnya berjalan dengan mulus tanpa keasinan dan rasanya itu pas. wiiihh... // gue bakat masak deh kayaknya, besok gue bikin restoran ah *plak*// dentungan lagu Goyang Dumang pun terdengar sampai rumah, tampaknya senam Ibu-ibu sudah di mulai dan gue mulai keluar rumah menuju TKP(tempat kejadian perkara). gue liat cuman ada 2 pengurus karang taruna yang bersiap-siap. yang lainnya pada mandi, barusan bangun dsb. sampai mau selesai Ibu-ibu senamnya sudah banyak Remaja Karang Taruna yang sudah bersiap untuk melayani pelanggan *eak*. alhamdulillah.... tahu pong adalah dagangan yang pertama sold out disusul dengan Pentol dan Skalop bakar, dan berikutnya tidak ada yang nyusul. TKP mulai sepi hanya ada pengendara sepeda motor yang lalu lalang di jalanan. satu-satunya harapan supaya bisa sold out adalah menjajalkan ke para pengendara sepeda motor. gue mulai menawari setiap ada orang yang lewat. terlihat duaonggok perempuan sedang naik motor dan gue mulai menawari "mbaak... silahkan dibeli esnya jasukenya..." si mbak-mbaknya ngeliatin gue sambil senyum-senyum. kata temen-temen gue, gue pantes jadi apasih namanya kayak gini itu, SPG bukan? yah semacamnya lah. tiba-tiba mbak-mbak yang tadi itu putar balik dan tanya ke TKP, "mbak ini dijual ya?" "iya" "jual apa?" "ada es teh ada es milo ada juga jasuke, silakan mbak pilih yang mana?" "es teh aja, 2".dari belasan tawaran yang gue tawarin ke pengendara motor yang lewat. baru sekali ini nih yang mau beli kkkk... seenggaknya tadi suara ehm indah gue kayaknya yang bikin mbak-mbak itu puter balik. sekitar 1 jam lamanya menunggu pelanggan yang tak kunjung datang. akhirnya kita sudahi Mini Bazar ini. terlihat dagangan memang masih tersisa dan kita makan bersama-sama. 
    Remaja aktif, itu  selalu melakukan yang berguna bagi banyak orang. dan gue mau gue tetep jadi remaja aktif karena banyak sekali hikmah yang bisa gue dapet. gue gak mau jadi Remaja yang hanya berguna didalam keluarga saja tapi dalam lingkup masyarakat juga. selanjutnya banyak sekali plan yang ingin gue tuangkan di Organisasi ini. 
Perubahan Positif dimulai dari yang sederhana

Komentar

Postingan Populer