HOW TO MAKE COMIC

Komik adalah suatu karya seni yang menceritakan suatu cerita melalui gambar yang tak bergerak. komik juga bisa disebut ungkapan suatu ide melalui gambar. membuat komik tak perlu jago dan ahli menggambar. cukup punya cerita dan menguasai bahasa gambar, itu saja sudah bisa menciptakan sebuah komik, tak perlu jago menggambar yang apalah apalah. Dengan metode MM (Mudah & Murah), membuat komik akan terasa praktis bukan??. hanya bermodalkan Bulpen dan Kertas sudah menciptakan suatu karya seni. 

mungkin ada yang merasa ingin bisa bikin komik, tapi tidak tau bagaimana dan apa yang harus dimulai. yukk.. langsung saja ya untuk step-step nya.
  1. Tentukan cerita yang akan diaplikasikan pada kertas. bisa cerita pribadi maupun hasil imajinasi kalian sendiri (bersifat bebas). Fikirkan hal-hal yang menarik yang telah terjadi. 
  2. Penentuan Karakter Tokoh. jangan difikir yang terlalu ribet deh, untuk penentuan karakter tokohnya. gambar karakter tokoh yang sebisanya kamu. merasa jelek? nggak masalah namanya juga pemula. jangan salah loh... malah ada yang hanya menggunakan karakter tokoh yang hanya gambaran garis-garis atau batang dan untuk kepalanya bulet dan bajunya pun simpel itupun ada yang sangat terkenal.
  3.  Gambar Panil-Panil atau frame komik. bisa menggunakan penggaris biar rapi atau juga bisa dengan alakadarnya bulpen dengan tangan, begitu. lallluuu *jadi kayak syahrini sih?* panilnya bisa dengan empat kotak, enam ataupun delapan. kali ini saya akan membuat Empat saja. saya sengaja tidak memakai penggaris supaya lebih original.

  4.  lalu mulai gambar cerita yang suda lo fikirkan sebelumnya. kalau mau rapi, silahkan memakai pensil kemudian dibold dengan bulpen. gambar ini sengaja saya bikin dengan bulpen langsung. saya hanya perlu melamun sekitar 4-6 menit lalu mulai proses menggambar dan  jadilah seperti ini.
  5.  Pada setiap panel, kasih balon bicara seperti gambar diatas. dan isi dengan teks-teks menarik atau juga bisa diisi dengan dialog antar karakter, kalok karakter lebih dari satu. jika seperti yang di atas itu karakternya cuman satu yaitu gue, jadi gue berargumen sendiri.
Nah, sekarang juga silahklan lo ambil Kertas dan Bulpen, penggaris kalo perlu. lo melamun sebentar dan karang sebuah cerita, begitu... lallluuu ikuti step-step yang udah gue tulis tadi... ok! 
gue menulis ini terinspirasi dari sebuah buku yang isinya tentang komik. gue lupa siapa pengarangnya gue cuman hafal judul bukunya, seperti judul postingan ini. saat itu gue dapet dan baca buku ketika di perpustakaan daerah, waktu itu gue kesana bareng temen-temen gue. dan iseng gue bikin komik untuk pertama kalinya. dan jadilah ini. 



sedikit berantakan tapi namanya juga pemula, nanti ketika udah ajalnya *eh kayak apa aja* maksutnya, lama-kelamaan ketika sering dilatih terus-menerus komik bikinan kita bakal berkembang yang tentunya semakin baik. semangat!

 ****


nah ada tips lagi ni dari gue, Pemilihan Emot Wajah. Disesuaikan aja. cari di google juga banyak untuk berbagai macam emot, atau mau karang sendiri juga boleh. bebas. nih aku ada kumpulan emot.
 Komik bisa untuk alternatif pengungkapan perasaan. jangan merasa sebelum lo mencoba lo udah psimis, jangan! ketika lo psimis lo gak bakal tau gimana rasanya GAGAL & BERHASILl karena lo belom MENCOBA.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer